Berita Dunia Kerja Online Terbaru

Lebih Fleksibel! Ini 8 Keuntungan Kerja Freelance

keuntungan kerja freelance

Banyak yang beranggapan keuntungan kerja freelance tidak sebanyak kerja kantoran. Misalnya dari segi gaji yang tidak pasti atau job yang juga tidak menentu. Bahkan, bisa saja sekedar jam kerja yang acak acakan. Ini masuk akal, tapi tidak 100% benar juga.

Pada tahun 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) menerbitkan data terbaru terkait kondisi perekonomian di Indonesia. Salah satu poin penting dalam laporan BPS, terlihat jelas angka pengangguran di Indonesia cukup tinggi apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang berada di usia produktif.

Pada periode Februari 2022, angka pengangguran di Indonesia mencapai angka 5,83 juta orang. Angka ini cenderung menurun jika kita bandingkan dengan periode sebelumnya, yaitu sebesar 8,75. 

jumlah pengangguran di indonesia
Jumlah Pengangguran di Indonesia 2022

Meski demikian, angka pengangguran pada paruh awal 2022 ini masih cukup besar. Mengingat ketersediaan lapangan pekerjaan masih kurang memadai. Apalagi COVID-19 juga cukup berdampak pada tingginya angka pengangguran tenaga kerja di Indonesia. 

Nah, kerja freelance menjadi primadona baru dunia kerja. Di artikel ini, kamu akan memperoleh informasi apa saja keuntungan menjadi seorang freelancer.

Kelebihan Kerja Freelance

Kerja freelance memang memberi kesan pekerjaan yang tidak stabil. Akan tetapi, jangan salah! Ada beberapa keuntungan jika kamu memutuskan untuk menjadi seorang freelancer

Meski banyak suka duka menjadi freelancer, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang freelancer.

1. Anda Adalah Bos

Dengan freelance, kita tidak perlu lagi menjawab atau membantu siapapun kecuali klien dan kita sendiri. Tidak akan ada lagi yang bisa mengatur atau menyuruh kita tentang hal yang tidak berkaitan dengan proyek.

Semua keputusan dan hal-hal yang berkaitan dengan proyek adalah tanggung jawab pribadi kita, dan kita juga yang memiliki seluruh kendali atas pekerjaan. 

2. Bekerja Tanpa Batasan Tempat

Freelance punya satu keunggulan yang cukup mendasar, yaitu kita bisa bekerja di mana saja. 

Rasanya hampir semua orang mendambakan kerja yang lepas dan bebas memilih tempat ternyaman. Mau itu di cafe yang instagramable, di tepi pantai, hotel berkelas, semua bisa kita lakukan. 

Selain itu, keuntungan kerja part time secara online lainnya adalah tidak memerlukan banyak peralatan karena sifatnya yang online. Umumnya, hanya perlu gadget dan akses internet saja. 

Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa banyak anak-anak muda zaman now yang lebih suka pekerjaan freelance daripada kerja kantoran. Apalagi kita juga tahu kalau milenial tidak terlalu suka terikat dengan jadwal yang ketat. 

So, freelance jadi kerjaan yang menguntungkan untuk mereka yang tidak terlalu suka berdiam diri di satu ruangan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun seperti layaknya kerja kantoran. 

3. Sarana Meningkatkan Skill dan Pengalaman Kerja

Keuntungan Kerja freelance untuk mahasiswa yang sedang mencari penghasilan tambahan adalah dari segi skill dan pengalaman kerja. 

Ingin melamar di perusahaan untuk bekerja full time, tapi belum memiliki portofolio atau pengalaman terkait yang cukup? Freelance jadi salah satu jalan terbaik.

Freelance membuat kita tidak terikat pada satu perusahaan. Artinya, Anda punya berbagai pengalaman dari berbagai perusahaan berbeda. 

Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan skill dengan freelance. Seperti yang Anda tahu, level pekerjaan dari setiap client tentu berbeda tergantung keinginan mereka. 

Anda bisa memulai dengan level terendah, dan perlahan memilih project dengan level yang semakin tinggi. 

4. Punya Keleluasaan Menentukan Pekerjaan Proyek

Bagi kamu yang suka tantangan baru seperti pengerjaan beberapa proyek sekaligus, freelance juga jadi pilihan yang tepat. Apalagi freelance jarang yang teken kontrak terkait batasan proyek. 

Keuntungan kerja part time terutama terletak pada  kebebasan dalam memilih proyek yang akan dikerjakan. 

Dengan pengambilan beberapa proyek sekaligus, tidak heran jika freelance bisa mengembangkan skill lebih baik. Hanya saja, memang tidak semua orang dapat melakukannya.

Kenapa? Karena ini memerlukan perhitungan yang matang dari segi batasan waktu dan juga kemampuan. 

Semenggiurkan apapun fee yang kemungkinan bisa kamu dapat, sebaiknya tetap mempertimbangkan kemampuan diri, ya! Apalagi soal kesehatan. Penting banget, deh!

5. Peluang Memperlebar Jaringan dan Koneksi Terbuka Lebar

Pernah dengar istilah jalur orang dalam? Istilah ini mungkin tidak berlaku untuk pekerjaan freelance. Apalagi kita benar-benar harus mengandalkan kemampuan diri. 

Akan tetapi, beda cerita kalau kamu punya portofolio bagus dan sering-sering memperbaikinya. Tanpa perlu kita bersusah payah mencari job, kemungkinan banyak perusahaan memerlukan jasa kita juga akan semakin besar. 

Apalagi jika perusahaan atau client kita merasa puas dan akan menggunakan jasa kita terus-menerus. Pasti menyenangkan, deh! Pada akhirnya, kita akan terkoneksi dengan banyak client dan bisa saja client-client tadi merekomendasikan jasa Anda. Menarik bukan?

6. Waktu Kerja Jadi Fleksibel

Dari segi waktu bekerja, tidak ada ikatan dengan perusahaan, sehingga membuat kamu bebas menentukan waktu kerja. Kamu punya kesempatan untuk memilih proyek dan menentukan deadline harian. 

Kamu juga bebas menentukan kapan waktu kerja dan liburan. Ini akan jauh berbeda daripada pekerjaan di bawah naungan corporate yang punya jadwal atau waktu bekerja tetap selama 8-10 jam per hari. 

Dengan freelance, bahkan kamu tidak perlu berharap hari libur untuk cepat datang. Ya karena kamu bisa mengatur waktu libur kita sendiri. Bukankah ini juga cukup menyenangkan? 

7. Punya Waktu Lebih Banyak Bersama Keluarga

Pernah dengar kalimat “Tidak punya banyak waktu untuk keluarga karena terlalu sibuk bekerja”? Kemungkinan besar, ini tidak akan terjadi ketika kita memilih pekerjaan freelance. 

Keleluasaan memilih waktu bekerja jadi alasan terbesar mengapa pekerjaan freelance membuat kamu lebih banyak waktu untuk keluarga. 

8. Peluang Pekerjaan Lebih Banyak di Bidang Freelance

Di era digital yang serba online, banyak perusahaan atau perorangan yang lebih prefer untuk menggunakan jasa freelance. Artinya, akan ada lebih banyak lowongan pekerjaan freelance. Mulai dari perusahaan teknologi, komunikasi, bisnis, dan masih banyak lagi. 

Dengan demikian, kamu bisa menyesuaikan diri dengan kemampuan, bakat dan peluang kerja yang tersedia. Oleh karena itu, sebaiknya tingkatkan skill dan pengalaman terlebih dahulu untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada. 

Tak hanya lebih fleksibel, keuntungan freelance sangatlah banyak. Pekerja bebas melakukan proyek kapan pun dan di mana pun. Dengan catatan, kamu juga harus mengimbangi antara fleksibilitas dan kualitas proyek yang dikerjakan. 

Setelah mengetahui beberapa daftar keuntungan kerja freelance, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang freelancer? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan beberapa situs untuk mencari pekerjaan freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *